Home » » Senator AS Sebut Bush Gunakan Informasi Palsu untuk Serang Iraq

Senator AS Sebut Bush Gunakan Informasi Palsu untuk Serang Iraq

Written By canang on Ahad, 14 Disember 2014 | 12/14/2014 05:07:00 PTG

PEMERINTAHAN era Presiden George W. Bush telah menggunakan informasi intelijen palsu dan berlebihan untuk membenarkan invasi militer ke Irak pada tahun 2003. Hal itu terungkap dalam sebuah surat rahasia CIA yang baru dibuka untuk publik dan dirilis pada Kamis kemarin (11/12/2014) oleh seorang senator AS.
Surat rahasia CIA itu dikirim pada bulan Maret berasal dari Direktur CIA John Brennan untuk senator AS Carl Levin, seorang senator Demokrat dari Michigan dan ketua Komite Angkatan Bersenjata Senat.
Surat ini didasarkan pada kabel  rahasiaCIA yang dikirim dari operasi lapangan ke markas CIA pada tanggal 13 Maret 2003, kurang dari seminggu sebelum invasi AS ke Irak.
“Ada kampanye bersama dari pemerintahan Bush untuk menghubungkan Irak dalam pikiran publik dengan horor serangan 11 September. Dan kampanye itu berhasil,” kata Levin dalam pidatonya di depan Senat Kamis kemarin.
Dia mengatakan para pejabat Bush menggunakan pertemuan yang belum bisa dikonfirmasi antara Mohammad Atta dengan seorang perwira intelijen Irak di Republik Ceko sebelum insiden 11 September 2011 untuk menghubungkan Irak dengan serangan teroris dalam pikiran publik Amerika.
Mohammad Atta diduga memimpin serangan 9/11 untuk menyerang AS. Brennan menulis dalam surat CIA bahwa tidak ada kontraterorisme AS atau ahli FBI yang mengatakan mereka memiliki bukti bahwa Atta berada di Praha, ibukota Republik Ceko.
“Hampir tidak ada bukti bahwa pertemuan tersebut terjadi,” kata Levin. “Tentu saja, hubungan antara Saddam dan 9/11 atau al-Qaidah adalah fiksi.”
“Hanya berdasarkan laporan tunggal, dari satu sumber, AS melakukan serangan ke Irak tanpa meneliti dulu kebenaran informasi tersebut.”[fq/islampos/prtv]
Share this article :

Tiada ulasan:

Blogger Widget Get This Widget

comment pembaca

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cananglahnie - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger